Sejarah Desa

Desa Conto adalah sebuah desa di Wilayah Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah tepatnya di sisi selatan lereng Gunung Lawu atau sebelah timur wilayah Kabupaten Wonogiri dengan jarak tempuh kurang lebih 60 Km. Desa ini berdiri pada tahun 1956, namun jauh sebelum itu cikal bakal berdirinya desa di wilayah ini terjadi sekitar tahun 1850 yaitu pada saat Conto dijadikan pusat pembibitan Kopi di era Mangkunegaran tepatnya di Kebun Gondosini yang sekarang terletak di Dusun Sumber, hal itu terjadi karena pada saat itu komoditas kopi menjadi primadona dan laku keras di pasaran dunia.

Melihat kondisi geografis sebagian wilayah Mangkunegaran yang berupa pegunungan terutama di Wonogiri dan Karanganyar maka di masa Mangkunegara IV mulai memperluas tanaman kopi salah satunya di Gondosini.  Lambat laun hasil produksi kopi di Gondosini terbilang cukup bagus terutama Kopi Arabika, sehingga dijadikan pusat pembibitan yang oleh masyarakat sekitar Bulukerto disebut sebagi daerah “Percontohan Kopi” hal inilah yang menjadi awal mula desa ini disebut sebagai Desa Conto. Untuk mengawasi kegiatan itu, pada tahun 1890 dikirimlah salah satu abdi dalem Keraton Mangkunegaran yang berasal dari daerah Tirtomoyo untuk ditempatkan dan diberi tanah diwilayah Conto, beliau adalah Ronggo Prawiro Prawoso yang kelak oleh warga Conto dijadikan sosok pemimpin di wilayah itu sebelum era Pemerintahan Desa.

Ronggo Prawiro Prawoso beserta Istri

Desa Conto sendiri sekarang terbagi menjadi 5 Dusun, yaitu Dusun Nglarangan, Dusun Ngelo, Dusun Dalisemar, Dusun Kempul, Dusun Sumber, dan 10 Rukun Warga (RW), serta 28 Rukun Tetangga (RW).

Adapun Kepala Desa yang memimpin Desa Conto adalah sebagai berikut :

  1. Rg. Prawiro Prawoso* —————————- ( Masa Penjajahan s.d 1956 )
  2. Bapak Karto Soebardjo ————————– ( 1956 s.d 1978 )
  3. Bapak Moelyadi ———————————- ( 1978 s.d 1990 )
  4. Bapak Sartun, S.Pd ——————————- ( 1990 s.d 2007 )
  5. Bapak Sutar ————————————— ( 2007 s.d 2013 )
  6. Bapak Irwan Taufik Hidayat, S.Pd.Kor ———- ( 2013 s.d 2019 )
  7. Bapak Rudi Cahyono, S.Pd ———————– ( 2019 s.d Sekarang )

* Sebelum era Pemerintahan Desa